Beranda > Artikel > Vitamin yang Direkomendasikan Untuk Cegah COVID-19

Vitamin yang Direkomendasikan Untuk Cegah COVID-19

Vitamin yang di rekomendasikan untuk covid 19

Pandemi COVID-19 menimbulkan dampak negatif pada berbagai aspek terutama aspek kesehatan. Virus corona memiliki tingkat penularan yang tinggi dan jumlah kasus baru kian meningkat secara signifikan setiap harinya di seluruh dunia termasuk Indonesia. Seluruh masyarakat memiliki risiko untuk mengidap COVID-19 tanpa terkecuali. Oleh karena itu, masyarakat disararankan untuk senantiasa menjaga kesehatan.

Pola hidup sehat

Terdapat berbagai macam cara untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya adalah pola makan yang sehat, perbanyak konsumsi buah dan sayur, lakukan aktivitas fisik rutin minimal 30 menit per hari atau 150 menit per minggu, hindari stress, hindari merokok maupun minum alkohol, serta pola tidur yang cukup.

Asupan vitamin untuk cegah covid-19

Asupan nutrisi sangat berpengaruh terhadap kekebalan tubuh. Apabila asupan nutrisi kurang, di masa Pandemi, tubuh membutuhkan vitamin yang cukup sebagai suplemen pendukung kesehatan serta imunitas tubuh sebagai garda penangkal virus corona. Berbagai jenis vitamin dapat dikonsumsi sebagai salah satu usaha untuk mencegah virus corona.

Vitamin C

Menurut studi yang dipublikasi oleh Jurnal Nutrition, 2020, terdapat bukti bahwa penggunaan Vitamin C dapat menurunkan mediator peradangan pada pasien COVID-19. Oleh karena itu, penggunaan Vitamin C sebagai salah satu suplemen pencegahan virus Corona direkomendasikan untuk masyarakat sehat maupun masyarakat yang sudah terkena COVID-19. Selain bermanfaat untuk penyakit COVID-19, Vitamin C dapat bermanfaat untuk pasien dengan hipertensi dan obesitas. Vitamin C juga merupakan salah satu vitamin yang mudah didapatkan dan relatif murah.

Vitamin D

Vitamin D secara alami bisa didapatkan dari sinar matahari, konsumsi ikan, konsumsi produk susu hewani, maupun suplemen. Vitamin D dikenal sebagai pendukung kesehatan tulang. Vitamin D juga dapat mendukung kesehatan berbagai organ tubuh termasuk otak, otot, dan kekebalan tubuh. Menurut studi yang dikeluarkan oleh Journal of Internal Medicine, 2020, terdapat sekitar 200 hingga 500 gen kekebalan tubuh pada manusia yang dapat diaktivasi oleh konsumsi Vitamin D. Vitamin D juga dikatakan memiliki manfaat antibakteri dan memiliki kapasitas untuk membunuh bakteri serta virus.

Zinc

Suplemen lain yang dapat mendukung kekebalan tubuh adalah Zinc. Zinc diketahui memiliki berbagai macam properti antivirus terhadap tubuh manusia baik secara langsung maupun tidak langsung. Administrasi dari suplemen Zinc memiliki potensi untuk memperbaiki imunitas tubuh terhadap virus, terutama pada individu dengan imun yang rendah atau individu lanjut usia. Zinc juga dapat menurunkan jumlah virus pada tubuh dengan berbagai proses. Zinc juga dapat menstabilkan membrane sel yang berkontribusi dalam menghambat masuknya virus ke dalam sel di tubuh. Selain itu, Zinc juga menghambat replikasi virus, seperti influenza, rhinoviruses, dan juga virus COVID-19 sehingga Zinc dapat menjadi salah satu suplemen pilihan untuk mencegah virus corona.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan anda dan booking dokter di Carevo sekarang untuk waspadai gejala COVID-19.

  1. Feyaerts, A. F., & Luyten, W. (2020). Vitamin C as prophylaxis and adjunctive medical treatment for COVID-19?. Nutrition (Burbank, Los Angeles County, Calif.), 79-80, 110948. Advance online publication. https://doi.org/10.1016/j.nut.2020.110948
  2. Bergman P. (2020). The link between vitamin D and COVID-19: distinguishing facts from fiction. Journal of internal medicine, 10.1111/joim.13158. Advance online publication. https://doi.org/10.1111/joim.13158
  3. Kumar, A., Kubota, Y., Chernov, M., & Kasuya, H. (2020). Potential role of zinc supplementation in prophylaxis and treatment of COVID-19. Medical hypotheses, 144, 109848. Advance online publication. https://doi.org/10.1016/j.mehy.2020.109848

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :