Beranda > Artikel > Waspadai Gejala-gejala Berikut yang Bisa Menjadi Tanda Jantung Anda Bermasalah

Waspadai Gejala-gejala Berikut yang Bisa Menjadi Tanda Jantung Anda Bermasalah

Penyakit jantung merupakan berbagai kondisi yang menyebabkan terjadinya gangguan pada jantung. Kasus ini menjadi kasus penyakit terbanyak di dunia, dengan angka kasus dari 271 juta kasus di tahun 1990 menjadi 523 juta kasus di tahun 2019. Peningkatan nya mencapai hampir dua kali lipat. Penyakit jantung menempati urutan pertama kasus kematian terbanyak di dunia, dengan kisaran angka kematian mencapai 17,9 juta kasus per tahun nya.

Faktor-faktor yang harus Anda waspadai

Faktor-faktor risiko penyakit jantung dibagi menjadi dua, yaitu faktor risiko yang bisa diubah dan tidak bisa diubah. Faktor risiko yang bisa diubah inilah yang harus diwaspadai oleh generasi muda yang belum mengeluhkan gejala. Contoh nya seperti: pola hidup, pola makan, dan aktivitas fisik, Lalu faktor risiko yang tidak bisa diubah seperti, usia, ras, dan faktor genetika. Faktor genetika juga berpengaruh pada terjadinya penyakit jantung pada seseorang. Berikut ini faktor-faktor risiko nya:

  • Riwayat keluarga
  • Usia
  • Ras
  • Jenis kelamin
  • Sosioekonomi
  • Kadar kolesterol darah
  • Riwayat tekanan darah tinggi, diabetes
  • Riwayat kebiasaan merokok, minum alkohol
  • Obesitas
  • Aktivitas fisik

Gejala-gejala Penyakit Jantung

Penyakit jantung memiliki gejala yang cukup luas, kadang tidak menunjukkan gejala yang khas, bahkan terkadang tersamar (menunjukkan) gejala seperti penyakit lain. Gejala-gejala nya pun harus diwaspadai dan tidak boleh lengah dikarenakan, keterlambatan nya bisa berujung pada kematian. Berikut ini adalah tanda-tanda penyakit jantung yang harus Anda waspadai:

  1. Nyeri dada

Ini adalah salah satu gejala paling khas yang dimiliki oleh penyakit jantung. Meskipun gejala ini khas, namun banyak orang belum waspada akan kedaruratan yang ditimbulkan nya. Nyeri dada yang dirasakan bisa seperti tertimpa benda berat (bernafas berat), terasa seperti terikat kencang. Nyeri nya pun bisa dicetuskan dengan aktivitas, namun bisa juga menghilang dengan beristirahat. Komponen-komponen ini ada baiknya Anda sampaikan kepada dokter, karena menjadi informasi penting bagi mereka.

  1. Terasa mual + nyeri ulu hati

Gejala yang satu ini menjadi salah satu gejala yang menyamarkan dan bisa jadi sering diabaikan oleh kebanyakan orang, dan menghasilkan keterlambatan diagnosis. Oleh karena itu, bila Anda mempunyai keluhan rasa mual dan nyeri ulu hati, berarti Anda harus berhati-hati bisa jadi Anda menderita gejala serangan jantung.

  1. Berkeringat dingin

Gejala berkeringat juga bisa menjadi tanda bahaya, apabila saat Anda sedang berdiam di ruangan, tiba-tiba Anda berkeringat dan telapak tangan Anda menjadi lembab, diikuti dengan gejala-gejala lain, seperti ada nya rasa nyeri di dada, berarti Anda harus memperoleh pertolongan segera karena bisa menjadi tanda-tanda awal serangan jantung.

  1. Nyeri di dada yang menjalar ke lengan, rahang, atau punggung.

Penjalaran nyeri dari dada bisa jadi petunjuk bahwa saat ini Anda menderita serangan jantung, dan Anda memerlukan pertolongan segera.

  1. Rasa tercekik

Sensasi rasa tercekik biasanya dialami pada saat Anda mulai merasakan rasa tidak nyaman di dada (angina).

  1. Kaki membengkak

Penyakit-penyakit yang ditandai dengan kaki bengkak sebetulnya cukup beragam, namun gejala ini bisa jadi sebuah tanda bahwa Anda memiliki masalah di jantung.

  1. Rasa cepat lelah

Bila Anda mudah merasa lelah dan capek ketika baru melakukan suatu aktivitas ringan, seperti berjalan ke kamar mandi, Anda harus mewaspadai mungkin jantung Anda sedang bermasalah.

  1. Denyut jantung yang tidak teratur

Bila Anda merasa sering berdebar dan denyut jantung tidak ritmis, bisa jadi Anda mengalami masalah di jantung. Denyut jantung yang tidak teratur ini bisa diketahui dengan pemeriksaan rekam jantung (elektrokardiografi atau EKG).

  1. Kepala terasa melayang

Rasa kehilangan keseimbangan, kemudian badan terasa ringan disertai dengan keluhan nyeri dada, bisa jadi Anda sedang mengalami gejala awal serangan jantung.

  1. Batuk berdahak

Gejala batuk berdahak pun sering diabaikan karena dianggap hal sepele oleh kebanyakan orang. Padahal apabila batuk berdahak terus menerus tidak reda dengan pemberian obat-obatan batuk, mungkin masalah nya bisa jadi berada di jantung Anda.

Penyakit jantung adalah penyakit yang tidak bisa dianggap remeh, karena berisiko membunuh dalam sekejap dan perlu diwaspadai oleh siapapun, karena bisa menyerang usia muda maupun tua. Bila Anda memiliki faktor-faktor risiko di atas dianjurkan untuk segera berobat ke dokter untuk memperoleh penanganan segera.

 

Referensi

  • Heart Matters. Diakses pada: 2021, Juni 11. Dari: https://www.bhf.org.uk/informationsupport/heart-matters-magazine/medical/11-signs-you-might-have-heart-disease
  • Roth G.A, et al. Global burden of cardiovascular disease and risk factors, 1990 – 2019: Update from the GBD 2019 study. J Am Coll Cardiol. 2020 Dec, 76 (25) 2982 – 3021.
  • MacMillan A. Never ignore these 11 heart symptoms. (2021). Diakses pada: 11 Juni 2021. Dari: https://www.webmd.com/heart-disease/features/never-ignore-symptoms
  • Ada’s Medical Knowledge Team. Cardiovascular disease risk factors (2018). Diakses pada: 11 Juni 2021. Dari: https://ada.com/cardiovascular-disease-risk-factors/

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :